Program Turun Berat Badan, Yang Mengasyikan …

Jadi, satu bulan terakhir ini saya lagi program penurunan berat badan. Sudah merasa over berat badannya. Sebenarnya over nya berat badan saya ini dah lama terjadi, dan selama ini lebih ke cuek aja. Masih ngerasa ya udah lah ga apa apa, masih ngerasa nyaman nyaman aja

Dan sekarang sekarang, tepatnya sekitar dua bulan lalu, ada di satu titik, oke saya harus turunin berat badan saya. Di titik itu saya gali lebih dalam lagi, kenapa saya harus turunin berat badan saya. Saya pengen alasan yang lebih dari ‘pengen terlihat langsing’ atau ‘pengen punya berat badan ideal. Lalu saya menemukan “STRONG WHY” yang akhirnya menguatkan saya untuk berkomitment untuk menurunkan berat badan. Kalau tentang sehat, sebenarnya di berat badan yang ‘over’ itu saya sehat sehat saja, Alhamdulilah. Jadi “STRONG WHY” saya tidak hanya tentang kesehatan.

Nah.., setelah nemu apa alasan kuat saya untukk turun berat badan, terus saya mulai cari cari strategi yang PAS buat program saya ini. Beberapa hal yang saya NOTED dari awal adalah : yang pertama saya ga mau pakai obat obatan pelangsing instan, yang kedua saya ga mau melakukan diet yang ga bisa saya lakukan dalam jangka panjang, yang bisa adaptable di kesaharian. Hanya tahan satu atau dua bulan, namun akhirnya kita tidak bisa menjalankannya lagi. Ketiga, ingin melakukan program berat badan yang ada semacam kajian ilmiah nya, yang memang ada ilmunya, yang bisa dipertanggungjawakan, dan ada ahli nya.

Akhirnya saya banyak baca, banyak browsing, banyak cari ilmu berkaitan sama hal kesehatan badan, metabolisme, pola makan, pola olahraga, pola hidup yang berkaitan dengan kesehatan. Nah ….dari membaca itulah akhirnya banyak menghimpun ilmu da kemudian mencernanya, dan kemudian memilih metode apa yang baik, benar, cocok, nyaman dan bisa saya jalankan. Jadi yang saya benahi pertama kali adalah tentang Pola Pikir.

Alhamduillah, sudah dijalankan secara konsisten selama satu bulan setengah an. Terutama pada pola makan dan olahraga. Hasilnya sesuai dengan perkiraan, Alhamdulillah. Berat badan saya tidak turun dratis, tapi menunjukan progress yang baik (Karena dari awal sudah set target yang rasional, tidak drama… hhee). Satu bulan setengah turun sekitar tiga kilo saya sudah senang. Tanpa obat pelangsing, tanpa diet yang menyiksa, tanpa olahraga yang mahal.

Oh ya pola makan nya saya pakai metode FOOD COMBAINING dan olah raga nya saya pakai metode HIIT CARDIO. Memilih dua metode ini setelah banyak baca, banyak browsing, tanya tanya, dsb. Juga yang saya rasa saya nyaman dengan cara tersebut. ga mau menyiksa diri. hhee …

Pas jalanin metode itu mulus mulus aja ga ? hhii …engga juga. Kadang ada malas. Tapi kalau inget lagi ke “STRONG WHY” jadi semangat lagi. Dan sekarang kalau ga di jalanin kaya berasa ada yang kurang.

Oh ya, satu lagi … dari awal memulai program, yang saya tanamkan dalam fikiran saya adalah : saya ingin belajar tentang belajar disiplin,konsistensi, dan membangun habits dari program yang saya jalankan (terutama program olahraga nya). Karena konon katanya, untuk menjadikan sesuatu menjadi habits, butuh 21 hari tanpa berhenti, dan untuk menjadi gaya hidup, butuh 90 hari tanpa terputus.

Jadi, semoga program penurunan berat badan yang saya jalankan, result nya tidak hanya tentang berat badan yang sesuai keinginan, namun tentang bagaimana belajar menjalankan sebuah habits baik dalam kehidupan… #ciehhhh

Bismillah, doakan yahh semoga konsisten  …. 🙂

Ini pengalamanku, gimana pengalamanmu ?

 

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s