” Mobile Lagend ” Untuk Kemajuan Anak Bangsa … ?

games online

Anak-anak bermain game online di sebuah warnet. – Ilustrasi/indigos.com

 

Sebenarnya saya cukup menahan nahan untuk tidak membahas ini -di masa tenang- dalam pemilu ini. Tapi sebenarnya ini bukan hanya tentang keberpihakan saya kepada seorang kandidit presiden, tentang di kubu mana saya berada, namun ini tentang seorang pemimpin yang bernarasi tentang masa depan bangsanya.

Rasanya saya tidak perlu lagi membahas tentang bahanya games online bagi manusia, terutama anak anak. Sudah banyak pihak, yang memaparkan bahannya kecanduan games online ini. Baik dari sisi pendidikan, kesehatan, emosi, bahkan perkembangan jiwa. http://Kecanduan Games Online Meyebabkan Kerusakan Fungsi Otak

Tak sedikit orang tua yang curhat, mengeluh, resah ketika melihat anak nya kecanduan games online. Tak sedikit mereka kemudian menyesal saat tahu anak nya sudah dalam tahapan kecanduan parah games online, yang kenyataannya banyak merusak banyak sisi kehidupan mereka.

Sedih sekali, ketika seorang kandidat presiden yang juga seorang pemimpin negara, membawa isu ini ke ranah pembahasan program kebangsaan. Alih alih membahas tentang bagaimana menjaga rakyatnya, anak bangsa nya, dari kerusakan yang ditimbulkkan dari games online, malah seakan akan games online atau di “keren” kan dengan istilah e-sport sebagai sebuah program yang prioritas.

Salah kah membuat games online sebagai program besar pemerintah … ?

Dengan kondisi negara kita yang seperti ini, rasanya sangat tidak elok menjadikan games online, sebagai hal yang harus diprioritaskan. Masih banyak sektor lain yang esensial, mendasar, substantif, dibangun di negri ini : pertanian, perikanan, jiwa jiwa kemandiran, wirausaha, pendikan, kesehatan dsb.

Bukan hanya tidak substantif, bila kita menggali lebih dalam kecanduan games online ini bisa membawa mudharat yang sangat banyak, bukan hanya perkara menyia nyiakan waktu, membuat tidak berinteraksi denga lingkungannya, namun lebih jauh ini merusak fungsi otak, merusak fungsi otak depan (pre-frontal cortex), yaitu fungsi otak yang membedakan manusia dengan hewan. Fungsi otak dimana manusia berfikir, dan menjalankan fungsi nya sebagai manusia. Bila fungsi otak itu rusak, apakah jadinya manusia tersebut ?

Maka, berbagai dalih yang mengatakan bahwa potensi income dari games online ini luar biasa, sehingga harus didukung dan dikembangkan. Maka pertanyaan nya adalah, seberapa sanggup kita menanggung jutaan, bahkan puluhan juta, rusaknya  fungsi otak anak bangsa kita, anak anak kita, adik adik kita, para penerus bangsa.

Dimana tanggung jawab kita, dimana kita membiarkan anak anak kita, adik adik kita, yang masa depan nya masih panjang, kemudian kamampun berfikir, kemampuan bernalar tak berfungsi. Apakah pemerintah mau bertanggung jawab ketika hal ini terjadi ?

Maka apabila ada pemimpin Bangsa yang justru mendukung bahkan ingin menjadikan games online ini sebagai sesuatu yang besar, di akses masal generasi muda, bukan nya mencegah, memberi pengertian yang baik tentang akibatnya, membuat regulasi yang baik dan benar menghadapi serbuan games online yang makin banyak.

Akan jadi apakah generasi muda kita ini ?

Ah entahlahh ….

Saya mengerti sekarang, bila dulu ada pribahasa, “Bila ingin merusak sebuah bangsa, maka bakarlah bukunya, jangan biarkan mereka membaca” Sekarang mungkin akan ada tambahan pribahasa : “Bila ingin merusak sebuah Bangsa, maka biarkan anak muda nya kecanduan games online, dan biakan mereka terelana, dirusak secara terencana, tanpa mereka menyadarinya “

Semoga Allah melindungi anak anak kita, adik adik kita, dari program pembodohan yang terencana …

Bandung, 15 April 2019

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s