Jangan Sia Sia Kan Pagi Harimu …

Well, sebenernya ini semacam catatan, pengingat dan penguat untuk diri sendiri, tentang bagaimana sebaiknya kita menggunakan waktu pagi hari kita.

Katanya pagi hari adalah waktu yang menentukan apa yang akan terjadi seharian itu, kalau pagi hari nya baik, tertara, have a good mood, maka itulah yang akan terjadi seharian. Sebaliknya kalau pagi hari nya bad mood, atau kita males malesan, biasanya mood itu kebawa sampai seharian juga.

Jadi biar pagi hari have a good mood, ceria, dan waktu kita berkualitas seharian, produktif, gimana caranya ?

Setelah baca berbagai buku, nyimak konten youtube, nasihat orang orang yang memang sukses di bidangnya, akhirnya mendapatkan beberapa insight yang bagus tentang bagaimana sebaiknya kita mengisi pagi hari kita.

Salah satu nya adalah dengan TIDAK MEMBUKA SOSIAL MEDIA di pagi hari.. !!

Kenapa emang ?

Ternyata ini bukan tentang soal tentang buang waktu saja. Tapi okelah PERTAMA kita bahas tentang WAKTU dulu. Setuju kan, kalau sudah berhubungan dengan sosial media, chat media, atau yang berkoneksian dengan internet, kita menjadi susah terkendali. Sekali jari kita menyentuh layar, buka feed, timeline, grup chat, atau iseng iseng buka status WA orang lain, diri kita semacam ketarik ke layar kaca itu.

Facebook : Cek Notifikasi, Baca Komen, Bales Komen. “Oke udah ahhh…” gitu dalam hati. Eh tetiba gatel pengen lihat timeline. Isinya macem macem, dari mulai bahas topik terhangat, yang curhat, yang liburan, yang makan makan, yang bahas politik, dsb.

Instagram : Cek berapa yang like postingan kita terakhir, scrolling feed, love status teman teman atau selegram pujuaan. Eh gatel juga pengen buka explore, dari postingan tentang kucing, perpolitikan, video lucu anak anak kecil, sampai gosip perlambeaan.

WA : Ahh… update status ah, kata kata bijak. Itupun expore dulu dari pinterest atau dari google image : quotes. Dan kemudian jari kita menyentuh status, layar otomatis menampilkan status status orang lain, sebagian kita koment, sebagian kita lewatkan, tapi mata terus tenggelam melihat pergantian status setiap orang. Argghh…

Belum lagi kalau yang punya Line, baca LINE TODAY, tentang “5 Cara menurunkan berat badan dalam seminggu” berita tentang “Fakta terbaru perceraian artis X dengan istrinya Y”

Berapa waktu yang di habiskan ?

5 menit berlalu, scroll… “ah baru lima menit”, scroll lagi, like, tinggalkan komentar ….

15 menit beralu, ahh… ini menarik, lihat video, lucu … eh ada lagi yang lucu …… scroll

25 menit berlalu, ahh… ini juga menarik beritanya, scroll… klik, baca, tutup. Baca berita terkait … scrollscroll

40 menit berlalu, di layar ada notifikasi grup. Terus dibuka, dibaca, ahh…silent reader aja ahhh.. tapi penasaran sama percakapan tadi malem, pada bahas apa yaa di grup, scroll …

55 menit berlalu…. what .. ?! hampir sejam ga kerasa ternyata ! hanya untuk melihat hal hal yang kadang tidak membawa banyak manfaat, hanya kumpulan info info biasa, tidak membikin termotifasi, terinspirasi, atau signifikan terhadap hidup kita …

Tapi 55 menit itu berlalu begitu saja … menyesal kemudian, karena merasa udah membiarkan waktu tersia, namun esok nya terulang lagi, dan lagi, menjadi sebuah kebiasaan yang sulit dihentikan …

KEDUA, kenapa sebaiknya tidak membuka MEDSOS di pagi hari adalah, karena ketika kita membuka MEDSOS atau Chat Media, kita sedang memberikan perhatian kita kepada dunia luar, dunia di luar diri kita, dan apa efek nya pada diri kita.

Dunia luar itu seperti apa ? Contohnya : Melihat status orang lain, melihat apa yang di pikiran & di rasakan orang lain, melihat orang lain pergi kemana, makan apa, sudah melakukan apa, pergi kemana, belum lagi tentang prestasi dan pencapaian pencapaian yang telah mereka lakukan.

Belum lagi tentang orang yang tidak ada hubungannya sama sekali dengan hidup kita ; artis A melahirkan, artis B liburan ke luar negri, selebgram A memakai lipstik warna marun benderang, atau selegram D bermasalah dengan selegram F, dsb. Diri kita menjadi tersedot untuk memperhatikan hidup orang lain, orang orang yang bahkan tidak kita kenal.

Kapastitas memori pikiran pagi hari kita hanya diiisi dengan info info sesaat, hal hal kecil, hal yang maaf terkadang “remeh temeh”, dan tidak banyak membantu kita dalam membangun kualitas hidup kita, atau membantu jalan kepada cita cita kita. Infomasi yang kebanyakan tidak penting, namun terlanjut memenuhi memori otak kita. Di pagi hari pula !!

PADAHAL …

Pagi hari adalah GOLDEN TIME, dimana waktu itu adalah salah satu waktu terbaik kita. Waktu yang seharusnya kita isi dengan lebih memperhatikan diri kita.  Meniliik kedaam tentang diri, menggali tentang apa yang dirasakan, diinginkan oleh diri. Atau memikirkan tujuan tujuan jangka pendek dan jangka panjang kita, sudahkah menuju yang sedang kita tuju …

Secara tekhnis pagi hari adalah waktu terbaik untuk kita merencanakan apa yang akan dilakukan seharian itu. Membuat list to do misalnya. Atau melihat lagi catatan impian dan cita cita kita, dan memikirkan apa kira kira yang akan dilakukan hari ini untuk mencapai cita cita tersebut…

Atau misalnya, membuat list orang orang yang perlu kita hubungi, sesiapa yang akan kita jalin silaturahmi. Atau mengevaluasi diri akan hal hal yang ingin kita perbaiki, kebiasaan kebiasan yang ingin kita hilangkan atau kemampuan kemampuan yang ingin kita asah dan hebatkan.

Lebih dalam, pagi hari adalah waktu yang paling baik untuk kita berkontemplasi, atau untuk mencari, menggali dan mengkaji diri. Mendekatkan diri dengan Sang Pencipta. Mentafakuri diri, berdzikir, membaca petunjuk petunjuknya, meraba diri apakah yang dijalani selama ini apakah sudah sesuai dengan kehendak-Nya, meraba dri apakah yang sudah kita lakukan akan mendatangkan Ridha-Nya, atau sebaliknya.

Ya … Di pagi hari. Sebuah waktu yang sebenarnya banyak hal esensial yang semestinya kita lakukan, untuk kebaikan hidup kita di dunia maupun kelak di akhirat. Namun kadang kita melewatkan waktu itu dengan kegiatan yang tidak membawa kita kemana mana, tidak menambah nilai dan manfaat apa apa,

Ahhh… maafkan ya Allah …


Gimana dengan diri saya sendiri ? Apa hal rill yang sedang diusahakan ?

Sekarang secara tekhnis, saya sedang belajar untuk “puasa” HP di pagi hari, dari mulai bangun sampai sekitar jam delapan an. Abis shalat, ngaji/baca terjemah, lalu baca beberapa lembar buku, nyusun kegiatan seharian itu, baca jurnal catatan, dan nyusun kegiatan untuk hari itu. Kadang denger radio atau dengr kajian sebuah topik di youtube tapi ga pakai HP, bisa paka laptop misalnya. HP di setting hanya terdengar untuk panggilan telfon saja (Biasanya kalau orang telfon berari ada hal penting).

Masih suka kegoda ga buat buka HP ?

Ya iyalah … hhee pasti. Malah masih sering  “batal” ada aja yang bikin kegoda. Namanya juga belajar, dan akan terus belajar. Yang menguatkan adalah inget ke tujuan kenapa kita “puasa HP di pagi hari”, agar bisa menjadi manusia yang berkualitas dan bertanggunjawab dari hari ke hari. Agar hidup tidak asal sia sia, agar hidup tidak mengalir begitu saja.

Bismillah …. Semoga istiqamah, menggunakan karunia waktu sebaik baiknya, dan dimulai dari bagaimana menghabiskan waktu di pagi hari …

 

Semoga Bermanfaat …. 🙂

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s