Talents Mapping Goes To Panti Asuhan

Akhir pekan kemarin, saya bersama dua orang kawan lainnya, mengunjungi sebuah panti asuhan di wilayah Cisarua – Lembang Bandung, dalam rangka mengadakan program Talents Mapping untuk anak anak tingkat SMP dan SMA yang ada di Panti ini.

Program “Talents Mapping Goes To Panti Asuhan” ini adalah program sosial pendidikan yang saya dan teman teman adakan untuk anak anak Panti yang selama ini masih jarang mendapatkan ilmu lain, selain yang didapatkan dari sekolah.

Di training  Talents Mapping ini kami membantu adik adik panti untuk menemukan apa yang menjadi kekuatan bakat sifat yang ada dalam dirinya, dengan menggunakan tools ST-30 (Strength Typolgy) dari Talents Mapping. 

Dengan test assesment ini, adik adik panti diharapkan mulai  jelas mengetahui apa keunggulan bakat sifat yang ada dalam dirinya, sekaligus dilain sisi mengetahui apa yang menjadi kelemahannya.

Dengan mengetehui apa yang menjadi kekuatan dan kelemahan secara berimbang, dan kemudian fokus untuk mengasah dan melejitkan kekuatannya, maka mereka diharapkan lebih terarah dalam menentukan langkah langkah selanjutnya dalam pendidikan mereka.

Secara tekhnis training Talents Mapping ini bisa berguna dalam menentukan jenjang studi mereka selanjutnya. Untuk siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP), Test ini bisa membantu untuk menetukan apakah akan memilih jurusan IPA atau IPS. Dan untuk siswa Sekolah Menengah Atas (SMA), test ini akan membantu mereka untuk menentukan jurusan kuliah apa yang sesuai dengan bakat kekuatan mereka.

Lebih jauh bisa mulai belajar memilih, menentukan dan menjalani kemana arah masa depan nya, dengan modal bakat kekuatan sifat bakat yang ada dalam diri mereka. 

Selain itu kami mengenalkan konsep tentang konsep minat dan konsep fitrah bakat yang sudah Allah anugrakan kepada setiap manusia. Bahwa manusia ketika diciptakan dan dilahiran kedunia ini, sudah Allah berikan benih potensi yang menjadi modal dalam menjalankan kehidupan di dunia ini.

Tugas manusia adalah mengetahui benih potensi yang ada dalam dirinya, kemudian menggunakan dan memaksimalkannya, selain sebagai modal ia dalam menjalankan hidupnya, juga sebagai rasa syukur kita kepada Allah Swt

Bahagia rasanya melihat binar binar antusiasme dari adik adik panti ini, ketika membahas masa depan dan juga kekuatan yang ada dalam diri diri mereka.

Tugas kami sebenarnya bukan hanya memberi tahu tentang apa bakat kekuatan yang ada dalam diri mereka.

Lebih jauh tugas kami adalah menyampaikan, bahwa setiap orang  mempuyai peluang dan berhak untuk sukses dan bahagia.

Karena Allah sudah memberikan kepada kita “benih” kekuatan dan kesempatan untuk setiap orang menjalankan peran dan kebermanfaatan dalam kehidupan

Semoga pertemuan singkat ini bisa menjadi meninggalkan tapak yang baik dan kuat untuk kalian, dan jadi salah satu panduan kalian untuk menentukan kemana arah kalian akan berjalan menempuh masa depan yang sukses dan penuh kebermanfaatan.

Kenali Diri – Lejitkan Potensi ..!

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s