Bagaimana Menemukan Diri Sendiri

Lets Finding Our Self

Salah satu yang penting dan prioritas untuk dilakukan dalam hidup ini adalah bagaimana “Menemukan Diri Sendiri”

Apa itu menemukan diri sendiri ?

Menemukan diri ada adalah tentang mengetahui siapa diri kita. Salah satunya adalah tentang mengetahui apa maksud dari penciptaan diri kita. Secara umum –Apalagi sebagai seorang muslim– kita pastinya sudah mengetahui, bahwa kita diciptakan untuk beribadah kepada Allah Swt.

Selain tugas beribadah langsung kepada Allah Swt, kita pun punya tugas lain saat hidup di muka bumi ini, yaitu sebagai Khalifah di muka bumi ini, sebagai “Perwakilan” Allah di muka bumi ini.

Karena Allah Swt menciptakan setiap diri kita, bukan tanpa tujuan, bukan tanpa maksud dan tujuan. Setiap kita mempunyai fungsi, dan peran masing masing sebagai Khalifah di muka bumi ini. Setiap manusia mempunyai misi yang ia emban, mempunyai tugas yang mesti ia selesaikan, sebagai salah satu bentuk ibadah kita kepada Allah Swt.

Ketika kita sadar sepeuhnya, bahwa kita mempunyai peran yang kita emban dan tugas yang harus kita selesaikan, maka tugas kita berikutnya lah untuk mncari tahu, tentang ;

“Tugas apa sih yang Allah embankan kepada kita sebagai khalifah-Nya di muka bumi ini … ?”

Dan mencari tahu tentang ;

Peran apa sih yang Allah ingin kita jalankan sebagai khalifah-Nya di muka bumi ini …?

Disinilah tugas kita untuk memulai dan terus mencari tahu, menelusuri, mengekplorasi, menelisik diri, menggali, tentang peran dan tugas spesifik apa yang akan kita jalankan di muka bumi ini. Pencarian tentang peran diri ini memang bukanlah hal yang mudah, tidak singkat, namun tidak sesulit yang seperti yang dibayangkan.

Sebenarnya seringkali Allah memberikan kepada kita “tanda tanda ” tentang dimanakah peran kita sebenarnya . Bisa jadi melalui kecendrungan, kesukaan dan kecintaan kita terhadap sesuatu, atau dari di mana lingkungan kita bertumbuh, siapa dan seperti apa orang orang di sekitar kita, dari keingian tahuan kita terhadap sesuatu hal, kemudahan dan rasa menikmati dalam melakukan sebuah pekerjaan, dari prestasi prestasi yang mudah kita dapatkan dalam sebuah bidang, dan juga membuahkan hasil berupa materi ataupun nonmateri, dan lain sebagainya. Kitanya saja yang kadang kurang peka terhadap “tanda tanda” tersebut.

Allah Telah Bekalkan Fitrah Bakat Kepada Setiap Manusia

Ketika manusia diciptakan dan dilahirkan di muka bumi ini, Allah sudah sekaligus membekali diri kita dengan berbagai fitrah. Salah satu nya adalah fitrah bakat, fitrah potensi, fitrah keunggulan yang berbeda beda antara satu manusia dengan manusia lainnya.

Fitrah bakat ini adalah modal untuk kita memilih dan menjalankan peran dan menyelesaikan tugas sebagai manusia di muka bumi ini.

Fitrah bakat ini satu berbeda beda, antara satu manusia satu dengan yang lainnya. Seperti halnya beribu tumbuhan yang mempunyai manfaat yang berbeda beda. Begitu pun dengan manusia sebagai Khalifah-Nya, manusia mempunyai “varian peran” dan “varian kebermanfaatan” yang berbeda beda. Ada fungsi unik dan spesifik yang Allah titipkan kepada kita, sebagai perwakilan-Nya di muka bumi ini.

img_20190920_133759152434240.png

Ada yang dibekali Allah fitrah sebagai pendidik, sebagai ilmuan, sebagai pakar kesehatan, sebagai saudagar, sebagai pegiat sosial, sebagai pemakmur masjid, sebagai ahli rancang bangun, sebagai ahli analisa, sebagai pendamping masyarakat, sebagai penggagas ide ide besar, sebagai konselor, sebagai pebisnis, sebagai pembuat sistem, sebagai pembuat rancang bangun, sebagai pemelihara bumi, sebagai petugas kebersihan, sebagi penjaga keselamatan, sebagai penulis, sebagai ahli gizi, sebagai pakar keuangan, sebagai peternak, petani dan nelayan handal, sebagai ahli komunikasi dan masih sangat banyak lagi beragam peran yang tidak akan ada habisny bila disebutkan satu satu,

Masing masing peran itu penting dan sangat dibutuhkan dimuka bumi ini, semua peran itu mulia. Setiap peran mempunyai fungsi, manfaat dan kontribusinya masing masing, sebagai Khalifah Allah di muka bumi ini.

Maka, tugas pertama kita adalah menemukan apa FITRAH BAKAT yang sudah Allah titipkan kepada kita, sebagai MODAL PERAN kita dimuka bumi ini. Agar kita bisa menjadi Khalifah yang Allah percayai untuk mengemban tugas di muka bumi ini, juga sebagai salah satu wujud ibadah kita kepada Allah Swt, Pencipta kita.

Wallahu a’lam bissawab …

Yuks kita temukan sama sama apa fitrah bakat yang Allah berikan kepada kita …

——–

Temukan fitrah bakat mu , Sila Klik : http://bit.ly/KonsultasiPotensiDiri

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s