Bagaimana Memilih & Menentukan Bisnis Yang Tepat (Part 2)

Nah inilah pertanyaan awal yang bisa ditanyakan kepada diri kita sendiri ketika ingin atau barangkali sedang berbisnis

Kenapa sih kita mesti berbisnis … .?

KENAPA – WHY

Ini adalah kalimat “sakti” yang sengaja di buat BOLD, karena WHY ini, sebuah kata yang POWERFULL yang bisa menjadikan kita tergerak melakukan sesuatu. WHY adalah pertanyaan yang saat kita menemukan jawaban yang tepat, ia  akan menjadi sumber energi utama untuk menjalankan bisnis.

“Simple sih, bisnis itu untuk mencari uang ….”

“Bisnis itu jalan untuk memperoleh uang yang sebanyak banyaknya ….”

“Saya males kerja sama orang lain, saya bisnis sendiri saja ….”

 

Barangkali inilah beberapa contoh jawaban, ketika ditanyakan kepada seseorang  kenapa ia ingin berbisnis.

TENTUKANLAH GRAND WHY  – ALASAN UTAMA- ALASAN MULIA

Tidak salah memang alasan alasan seperti  yang dikemukakan diatas. Namun baiknya kita pun mempunyai WHY yang bersifat medasar dan mendalam, personalized, bersifat pribadi, bukan hanya alasan alasan yang bersifat profit atau normatif saja.

Tidak salah mengatakan bahwa bisnis itu untuk mencari profit, memang itu adalah salah satu tujuan financial dari bisnis, bila tidak ada unsur profit maka bisa jadi itu bukan bisnis.

Apabila misi bisnis kita adalah sebagai wujud ibadah dan pengabdian kita, maka selanjutnya yang perlu kita cari tahu adalah, dengan menentukan di bidang apa bisnis tersebut akan dijalankan Beribadah dan mencontoh rosul adalah gambaran besarnya -GRAND WHY- nya.

Langkah selanjutnya kita perlu mencari alasan yang lebih spesifik, personal dan detail tentang mengapa kita memutuskan untuk berbisnis, Agar kita tahu kemudian dibidang apakah kita akan menjalankan bisnis tersebut

 

THE POWER OF MISI – STRONG WHY – ALASAN KUAT

Misi adalah hal yang penting dalam hidup kita, juga dalam bisnis. MISI adalah reason to exsist-alasan keberadaan kita. Misi adalah tugas yang ingin kita “selesaikan” sebagai seorang manusia. Misi ini berkitan dengan sebagai apa dan dimana kita berperan.

Misi sebaiknya spesifik. Misalnya ada seseorang yang mempunyai bisnis toko buku. Ketika ditanya alasan kenapa dia memilih berbisnis toko buku adalah ;

Karena saya ingin  orang orang mendapatkan ilmu, inspirasi, hikmah yang bermanfaat dari buku buku yang saya jual, selain itu membaca dan menuntut ilmu adalah perintah agama, saya ingin membantu orang orang untuk menjalankan perintah agamanya …”

Alasan tersebut akan menjadi sebuah misi yang kuat, dibandingan dengan hanya punya alasan misalnya : ” Ya… lumayan lah untuk nambah nambah penghasilan, prospek nya juga bagus kedapan …”.

Dengan MISI yang kuat maka bukan hanya terlahir kretifitas, inovasi namun bisnis dengan MISI yang kuat akan membuat bisnis itu bertahan, berkembang, dan berusia lama.

Misi ini pun yang menjadi pemicu seorang Bill Gates pun dalam membangun perusahaannya sebesar sekarang. Misi nya waktu itu adalah “Ia ingin di setiap rumah ada komputer …” dan misi tersebut sekarang bisa dikatakan terwujud. Kekutan MISI  ini bisa membuat seseorang tidak berhenti dan tidak mudah menyerah dalam berkarya.

Mempunyai MISI menjadikan bisnis kita lebih mempunyai VALUE  & STRONG WHY, nilai yang tidak hanya bertujuan materil saja, namun nilai kontribusi dan kebermanfaatan yang menjadikan kita merasa lebih tenang dan bahagia. Bisnis yang bisa mencerminkan alasan keberadaan kita di dunia.

Nah, lalu bagaimakah caranya mencari MISI tersebut ….

 

APA PERMASALAHAN YANG BISA KITA BERIKAN SOLUSINYA

Lihatlah sekitar, adakah fenomena atau permasalahan yang ingin kita selesaikan. Misalnya banyak orang tua keduanya yang sibuk bekerja, sedangkan anak anak nya kurang mendapatkan pengasuhan yang tepat, ini adalah permasalahan. Padahal kita tahu bahwa masa kecil adalah masa yang sangat penting bagi perkembanganseorang  anak.

Maka terbersitlah gagasan untuk mendirikan Day Care, yang tidak hanya mengasuh dan menyediakan kepentingan fisik dan biologis anak, namun Day Care yang juga bisa memenuhi kebutuhan emosional dan spritual sang anak, hingga bisnis yang kita miliki mempunyai pondasi yang kuat, yaitu ikut serta dalam mendidik anak anak Bangsa.

Bisnis yang dimana kita bisa menjalankan sebuah paket istimewa ; Sebagai wujud ibadah seorang hamba, menerapkan ilmu pendidikan dan pengasuhan kepada sesama, dan mendapatkan keuntungan financial untuk keluarga.

 

APA KEKUATAN KITA,  APA YANG BISA DIKONTRIBUSIKAN

Selanjutnya adalah dengan menggali apa kekuatan internal. Kekuatan yang terkait dengan bakat yang ada dalam diri kita

Misalnya kita mempunyai bakat dan kecintaan dalam membuat orang lain maju dan berkembang. Bisa jadi bisnis yang sesuai dengan diri kita adalah bisnis lembaga pengembangan diri atau lembaga pendidikan

Misalnya kita mempunyai bakat dalam ketelitian dan kepekaan dalam membaca data dan angka, bisa jadi kita mempunyai lembaga konsultasi dibidang investasi dan keuangan.

Setiap manusia mempunyai kekuatan nya masing masing, yang bisa menjadi modal ia dalam berakifitas, termasuk berbisnis. Namun belum semua orang mengetahui dan  dengan jelas apa yang menjadi bakat nya. (Terutama bakat yang berkaitan dengan personality/kepribadian)

Maka, tugas selanjutnya adalah mencari apa yang menjadi BAKAT, KEUNGGULAN dan KEKUATAN yang adala dalam diri kita). Karena dengan memahami bakat berarti memahami keunggulan juga kelemahan diri.

Juga dalam menentukan bisnis apa yang akan kita pilih dan jalankan. Mengetahui bakat akan membantu kita lebih terarah dalam bisnis yang tepat sesuai dengan sifat bakat kita.

——-

Nah ini adalah beberapa point yang bisa kita gali dari dalam (INSIDE OUT) untuk mencari tahu dan menentukan bisnis apa yang sesuai dengan diri kita

Semoga Bermanfaat Ya ….

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s