Bagaimana Memilih & Menentukan Bisnis Yang Tepat (Part 1)

Saya ingin punya bisnis ? Kira kira apa yaa bisnis yang sesuai dengan saya … ?

Tidak jarang kalimat inii terdengar di sekitar kita, atau bahkan diri sendiri pun barangkali pernah terbersit  menanyakan tentang hal ini ; “Apa ya… kira kira bisnis yang sesuai dengan diri saya…”

Apakah menentukan bisnis ini tentang  :

Peluang Pasar …..?

Pengetahuan & Pengalaman …?

Bisnis Masa Depan Yang Menjanjikan …?

Berdasarkan Passion, Minat & Hobbi …?

Keahlian ….?

Dan lain sebagainya ….

Nah biasanya hal ini yang banyak kita dengar untuk dijadikan bahan pertimbangan untuk menentukan sebuah bisnis atau usaha adalah hal hal diatas. Peluang pasar misalnya, saat ini sedang booming booming nya bisnis kopi, apalagi bisnis kopi yang di package dengan konsep caffe. Hingga semakin kesini makin bermunculan bisnis bisnis serupa.

Lalu kita lihat fenomenanya, banyak yang makin pesat melaju, ada yang hanya bertahan, dan tidak sedikit yang hanya seumur jagung, dan kemudian dengan berat hati harus gulung tikar.

Barangkali banyak faktor yang menyebabkan bisnis gagal hingga terpaksa gulung tikar, bisa jadi karena perencanaan yang kurang matang, faktor persiapan modal, faktor pemasaran dll, dan bisanya hal ini yang jadi evaluasi para pelaku bisnis.

Namun sayangnya banyak orang yang lupa mengevaluasi apakah bisnis yang sedang dijalankan sudah sesuai dengan kekuatan internal yang ia miliki ? Terutama kekuatan yang dimiliki oleh owner atau founder bisnis tersebut.

Tentang Kekuatan Internal ini memang masih jarang yang ngeuh, peduli atau merasa penting memang, pemahamaan tentang kerja keras adalah segala-galanya memang sangat mendominasi

Saat ini banyak bisnis yang hanya berfokus pada OUTSIDE – IN ( Faktor external, seperti fenomena pasar, trend, prospek masa depan dll ) namun lupa dalam melihat apa yang menjadi kekuatan diri INSIDE – OUT (Faktor internal seperti ; Bakat dan keunggulan, keunikan, kekhasan, kesukaan, bahkan mengukur kelemahan diri ).

Maka tidak sedikit bisnis yang hanya jadi bisnis yang berdasarkan trend pasar semata, ikut rame nya saja, asal punya peluang, namun di tengah perjalanan keteran karena ternyata bisnis nya tidak mencerminkan kekuatan internal yang ada dalam diri kita

Tidak salah memang. Namun bila memilih bisnis hanya mempertimbangkan faktor external saja, namun mengabaikan faktor internal -faktor kekuatan diri-, maka bisnis tersebut bisa menjadi bisnis yang sekedar hanya ikut ikutan, yang penting ada, dan akan sulit untuk bertahan lama.

Inilah beberapa hal yang saya pelajari di sebuah workshop bertema “Talents Mapping For Business” belajar bagaimana agar memiliki Bisnis yang Autentik, bisnis yang sesuai dengan apa KEKUATAN INTERNAL setiap diri manusia. Bisnis yang tidak hanya mempertimbangkan faktor external semata, namun menjadikan kekuatan internal -yang sudah ada dalam diri- sebagai faktor inti.

Di training ini kami belajar mengupas tuntas mengenai kekutan yang ada dalam setiap orang -bahkan mengupas juga kelemahannya, tentunya agar berimbang-  agar bisnis apapun yang kita pilih untuk nantinya, bisnis itu adalah bisnis yang mencerminkan diri kita, bisnis yang autentik, bisnis dengan jiwa kita didalamnya, dan bisnis yang mempunyai pondasi yang kuat, karena modal utamanya adalah diri kita sendiri.

Menjadi Manusia yang INSIDE OUT bukan menjadi manusia yang hanya OUTSIDE IN.

Bersambung ….

Nah … tips bagaimana mempunyai bisnis yang autentik, kita bahas di tulisan selanjutnya yaa, Insya Allah …

 

img-20191111-wa00021456765737.jpg

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s